Sabtu, Januari 20, 2018

 

Sektor Pariwisata

  • Posted on:  Senin, 28 Desember 2015 14:31
  • Written by 
Rate this item
(0 votes)

PARIWISATA

Potensi-potensi pertanian dan perkebunan ini di rangkum Pemerintah Kabupaten Malang dalam satu bentik paket kebijakan dengan ikon promotif: Kabupaten Malang Bumi Agro Wisata termukaka di Jawa Timur. Ikon Promotif merupakan cermin potensi yang paling utama dan memilki nilai yang luar biasa serta peluang pengembangan yang menjajikan.

Agro dan Wisata merupakan gabungan dua kekuatan utama yang bisa di kembangkan secara lebih massif dengan indicator kesuksesan yang dapat dibandingkan secara terukur dengan manjemen resiko investasi anda.

Agro dipahami sebagai domain pertanian dalam arti luas meliputi komoditas beras, jagung, sayur mayor, gula, daging, susu dan ikan. Dua kawasan telah di tetapkan sebagai pusatnya yakin Agropolitan Poncokusumo dan Minapolitan Wajak dan Sendang Biru sebagai pusat pengembangan. Pemerintah Kabupaten Malang memilki visi Agro-Eco Tourism dalam mengusung ikon promotif tersebut. Visi ini berarti pemerintah Kabupaten Malang turut serta mensinergikan kelebihan yang dimiliki dalam bidang pertanian dan kemasan wisata yang terpadu.

Sedangkan wisata ditawarkan kepada para investor untuk bermain secara intensif pada sector jasa dalam paket-paket unggulan wosata khas Malangan yaitu : Paket Singosari, Paket kawasan menuju Bromo, Paket Gunung Kawi, Paket Pantai Selatan Malang dengan tujuan utama Balekambang dan ngeliyep dan paket kanjuruhan (dalam rangka hari jadi Kabupaten Malang) serta Taman Wisata Air Wendi.

Sector riil yang mendukung kepariwisataan hadirnya beragam produk unggulan yang dimilki hamper seluruh kawasan di Labupaten Malang. Produuk unggulan tersebut berupa kerajinan dan makanan khas sebagai satu bagian tak terpisahkan.

PELUANG INVESTASI DI BIDANG KEPARIWISATAAN

Kabupaten malang yang memiliki posisi strategis dengan Koridor Ekonomi Jawa Timur yang berpusat di Surabaya. Dengan memanfaatkan keunggulan Sumber Alam utamanya keberadaan 6 (enam) gunung berapi yang mengelilingi Kabupaten Malang, serta budaya masyarakat yang berbasis pertanian, tidaklah berlebihan jika [Pemerintah Kabupaten Malang memiliki peluang investasi untuk pembangunan Vulcania Theme Park. Sejauh ini, Keindahan Gunung Bromo dapat dinikmati oleh para pengunjung dari pintu utara yang melalui Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pauruan. Hal ini di karenakan aksebilitas dari Surabaya sangat mumpuni terutama keberadaan Bandara Internasional Juanda. Beberaoa tahun terakhir, Pengunjung menuju kawasan Bromo melalui pintu selatan yaiutu Kabupaten Malang sudah mulai meningkat. Karena daya dukung infrastruktur baik sarana dan prasarana transportasi yang representif (Bandara Abdulrahman Saleh), dan pemandangan alam yang sungguh menakjubkan. Konsep pembangunan Pariwisata di kawasan Bromo – Semeru ini (Vulcania theme Park), Pernah di lakukan study kelayakan (2008) dengan bekerjasama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Malang dengan International Labour Organisation (ILO) yang dilakukan oleh Consultan Euro Asia Management.

Hasil Syudi merekomondasikan Pembangunan Pariwisata layak di lakukan karena:

  • Untuk menyeimbangkan pembangunan antara bagian Utara dan bagian Selatan Wilayah Provinsi Jawa Timur
  • Pembangunan jaringan jalan selatan Jawa Timur Akses Selatan Bromo
  • Pemandangan gunung berapi yang baik dengan pandangan seperti Bromo-Semeru sebagai latar belakang
  • Ketersediaan cadangan lahan/tahan datar (kebutuhan +- 50 Ha. Sudah ada lahan 15 Ha milik Pemkab Malang)
  • Sabutan positif masyarakat setempat
  • Lokasi strategis (ketersediaan transportasi local, akomodasi dan daya tarik wisata)
  • Warisan sejarah daerah Malang
Read 1848 times Last modified on Selasa, 29 Desember 2015 13:27

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Penghargaan